Baru pertama kali ke Jepang? baca artikel ini

0
58

Jepang masih menjadi salah satu destinasi wisata luar negeri yang digemari traveler Indonesia. Selain lokasinya yang tidak terlalu jauh, Jepang juga merupakan negara unik dengan tradisi dan budaya yang sangat kaya.

Tak hanya itu negara “matahari terbit” ini juga punya beragam keindahan alam menakjubkan, termasuk saat negara tersebut dilanda musim dingin.

Data Japan National Tourism Organitation (JNTO) sendiri mengungkap, kunjungan orang Indonesia ke Jepang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Catatan Juli-September 2017, kunjungan wisatawan Indonesia ke Jepang meningkat 12,9 persen. Kunjungan terbanyak ada di 6 kota di Jepang, antara lain Tokyo, Chiba, Osaka, Kyoto, Kangaawa, dan Shizuoka.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jepang untuk pertama kali dalam waktu dekat, ada baiknya untuk mempelajari beberapa hal ini agar Anda tidak tersesat.

Bungkukan Badan

Bungkukan badan Anda saat bertemu orang Jepang sebagai tanda hormat. Hal ini biasa dilakukan saat bertemu dengan orang bahkan belum pernah dikenal.

Jika Anda merasa bertemu dengan orang yang lebih tua, bungkukan badan Anda lebih dari 15 derajat bahkan sampai lurus dengan pinggang Anda.

Ucapkan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih sebelum dan setelah makan kepada tuan rumah menjadi kebiasaan yang terus dilestarikan di Jepang. Ini merupakan tata krama yang baik.

Saat Naik Angkutan Umum

Saat naik angkutan umum, seperti kereta atau bus, jangan bicara dengan siapa pun dan membuat gaduh.

Lebih baik matikan ponsel Anda, karena kebanyakan orang Jepang akan tidur atau membaca dan mendengarkan musik saat sedang berada dalam angkutan umum.

Berjalan di Sisi Kiri

Jika Anda berjalan dan berkendara di Jepang usahakan untuk berada di sisi kiri, hal ini telah menjadi budaya Jepang yang berlawanan dengan budaya di Amerika. Sebelah kiri juga digunakan saat mereka sedang berada di eskalator.

Jangan Salah

Jangan salah membeli makanan saat berada di Jepang. Hindari untuk membeli makanan di resto cepat saji jika Anda tak ingin membayarnya dengan sangat mahal.

Cobalah untuk membeli roti dan jajanan khas lainnya yang tersedia di toko-toko lokal, itu harganya lebih murah.

Bersihkan Sampah Setelah Makan

Jangan sekali-kali meninggalkan sisa makanan di meja makan saat Anda berada di kedai di Jepang. Orang Jepang biasa membersihkan sendiri sisa makanan dan membuangkan ke tempat sampah.

Minum

Wisatawan yang datang ke Jepang bisa memanfaatkan keran-keran air yang ada di sepanjang jalan utama. Anda bisa langsung mengonsumsinya tanpa harus khawatir.

Selain membeli peta berbahasa Jepang dan Inggris, ada baiknya Anda juga membawa buku saku bahasa jepang untuk mengetahui ungkapan-ungkapan kecil yang penting dalam bahasa Jepang.

Bawa Uang Tunai

Bawalah uang tunai Yen saat berkunjung ke Jepang. Pasalnya sebagian besar ATM di Jepang tidak menerima kartu ATM asing, selain juga banyak bank di Jepang tidak menerima kartu kredit asing.

Catatan

Buatlah catatan kecil alamat lengkap hotel dan tujuan Anda dalam bahasa Jepang untuk menunjukkannya kepada seseorang saat Anda tersesat.

Foto dan Selfie

Ambilah foto hanya di area di mana Anda diizinkan untuk mengambil foto. Perhatikan tanda-tanda, dan tanyakan kepada guide atau penduduk setempat jika Anda tidak yakin. Jangan pernah memotret di dalam kuil karena itu sangat sensitif.

Tata Cara Duduk

Saat makan di rumah seseorang di Jepang atau Anda sedang berada dalam acara minum the bersama, untuk pria duduklah dengan bersila, sementara untuk wanita duduklah dengan melipat kaki dengan rapi.

Demikianlah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang budaya atau tata krama yang harus anda ketahui selama berada di Jepang…..Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here