Cara mudah mengurus bebas Visa ke Jepang

0
20

Buat kalian yang merencanakan berlibur ke Jepang , udah tahu apa belum apabila ada ketentuan bebas visa ke Jepang buat turis pemegang paspor Indonesia?

Dengan adanya bebas visa ke Jepang, berkunjung ke obyek wisata Jepang juga gampang serta tidak lagi tidak mungkin untuk dilaksanakan.

Semua jenis prasyarat administrasi yang dulunya bak tembok yang susah ditembus, sekarang dalam dua hari saja kita bisa traveling ke Jepang. Masihkah berfikir ke Jepang itu sulit?

Akan tetapi, banyak pula yang masih tetap kebingungan, bagaimana ya mengurus bebas visa ke Jepang? Jangan-jangan repot dan dipersulit lagi?

Tidak perlu cemas, karena mengatur bebas visa ke Jepang sangat gampang dan tidak dikenai ongkos alias gratis!

Lebih detilnya, yuk baca beberapa langkah tersebut untuk mengurus bebas visa ke Jepang!

1. Spesial untuk Pemegang E-Paspor

Bebas visa ke Jepang ini cuma berlaku untuk WNI pemegang e-paspor (elektronik paspor). Walau ongkos mengurus e-paspor lebih mahal dibanding dengan paspor biasa, mempunyai e-paspor tentu saja mempunyai bermacam keuntungan.

Diantaranya, kita dapat backpackeran ke Jepang. E-paspor ini di dalamnya ditanami chip biometrik yang berisi data pemegang e-paspor.

Jadi, sebelum mengurus bebas visa di Kedutaan Besar Jepang bagian visa dan konsuler, kalian mesti udah mempunyai e-paspor terlebih dulu ya.

2. Meregistrasi E-Paspor

Sesudah mempunyai e-paspor, kalian mesti isi form permintaan bebas visa ke Jepang.

Sesudah isi form, kalian bisa berkunjung ke Kedutaan Besar Jepang bagian visa serta konsuler di Jakarta Pusat atau konsuler atau konsulat Jepang sesuai dengan pembagian lokasi kerja.

Pembagian lokasi kerja konsulat atau konsuler Jepang di Indonesia. Dilayani mulai jam 08.30 sampai jam 12 siang.

Usahain hadir pada pagi hari ya, karena antrean panjang telah menunggu.

Pengalaman kami jika datang pada jam 10 pagi, memperoleh nomer A-105. Wah, bisa membayangkan kan begitu ramainya kedubes saat itu?

3. Ambil Nomer Antrean di Loket A

Setelah tiba di kantor Kedutaan Besar Jepang, tujukkan tanda pengenal pada petugas (KTP).

Nanti kita akan dikasih kartu tamu oleh petugas, sehingga mempunyai akses masuk kantor kedubes. Untuk mengurus visa serta paspor akan dilayani di lantai satu.

Masuk ruang pengurusan visa, umumnya banyak pemohon visa yang kebingungan sehubungan pemungutan nomer antrean.

Ruang berisi kursi tunggu, loket, serta meja pengisian form.

Cari dua mesin pembuat ticket dengan gambar bendera Jepang dengan tuliasn Embassy of Japan, dua mesin ini bertuliskan ‘A’ serta ‘B’.

Tekan tombol mesin pencetak ‘A’ serta mengambil nomer antrean.

Loket di kedubes ini memang terbagi dalam 5 loket, dengan perincian 3 loket A serta 2 loket B.

Loket A spesial untuk pengurusan visa, sesaat B spesial untuk service administrasi orang Jepang. Jadi lihat nomer diatas loket, siapa tahu telah giliranmu untuk dilayani.

4. Sediakan Dokumen

Sediakan e-paspor serta form ‘Registration Form for Visa Waiver to Enter Japan’, sebelum mendatangi loket A.

Layanan dalam mengurus visa tidak akan membuat kecewa, amat cepat serta profesional. Akan tetapi, memang seharusnya terus bersabar untuk menanti antrean yang mengular ya.

Bila nomer antrean telah ada di monitor, berikan e-paspor serta form permintaan bebas visa, serta selesailah proses mengurusnya.

Nanti, kalian akan memperoleh tanda pengambilan e-paspor. Untuk pengambilan e-paspor yang bertanda bebas visa, bisa diwakilkan oleh siapapun, asalkan membawa tanda pemungutan paspor asli apabila dibutuhkan masukkan surat kuasa.

Cukup menanti selama dua hari, kalian dapat pergi ke Jepang.

Contohnya hari Senin menyerahkan berkas permintaan, hari Selasa bisa diambil ditempat yang sama, mulai jam 13.30 sampai jam 15.00 WIB.

5. Ketentuan Bebas Visa ke Jepang Tahun 2017

Semenjak tanggal 15 September 2017 nih berlaku ketentuan baru yang butuh kalian pahami.

Form meregistrasi e-paspor untuk bebas visa ke Jepang telah diberbaruhi. Hingga kalian mesti memakai form yang baru ya.

Satu lagi, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia juga buka Japan Visa Application Cetre (JVAC) untuk melayani pembuatan visa Jepang ataupun untuk meregistrasi e-paspor untuk bebas visa Jepang.

Jadi, kalian dapat meregistrasi e-paspor di dua tempat yakni di JVAC atau di Kedutaan Besar Jepang.

Tempatnya ada di Lotte Shopping Avenue 4F, Unit No.33, (Samping XXI) Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5 , Jakarta Selatan.

Nah, jika kalian ingin register di JVAC maka dikenai ongkos administrasi sebesar Rp115 ribu ya. Pendaftaraan dapat dilakukan dengan online terlebih dulu atau datang langsung ke JVAC.

Itulah keringanan mengatur visa ke Jepang yang di tawarkan oleh Kedutaan Besar Jepang.

Tidak mesti mempunyai ticket PP ke Jepang atau tabungan berisi beberapa puluh juta, kalian udah bisa mempunyai bebas visa.

Bila setiap saat memiliki rencana ke Jepang, kan tinggal pergi nanti, dan tentu saja masih menyiapkan semua keperluan untuk ke Jepang juga ya. Lihat disini beberapa tips survive di Jepang.

Perlu untuk diketahui, visa waiver ini berlaku sepanjang tiga tahun serta memungkinkan kita untuk tinggal sampai 15 hari di Jepang berulang-kali.

Bagaimana, menjadi tambah ingin tur ke Jepang kan? Travel Jepang memang menyenangkan. Yuk pergi ke Jepang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here