Pengen Ke Jepang, yuk BUAT EPASSPORT?

0
337

Apakah dengan paspor biasa, berarti tidak bisa berhemat ketika berlibur di Jepang? Sebenarnya bisa saja, tapi jika kamu punya e-paspor, paling tidak kamu bisa berhemat untuk bayar visa Jepang. Karena dengan e-paspor ini, kamu berhak untuk mendapatkan visa waiver Jepang atau lebih dikenal dengan bebas visa Jepang.

Lumayan kan, bisa berhemat biaya visa sebesar Rp330.000 dengan memiliki e-paspor?

Cara mendapatkan bebas visa Jepang ini mudah, prosesnya hanya memakan sekitar 2 hari kerja, gratis pula! Ditambah lagi, setelah dapat bebas visa, kamu bisa bebas mengunjungi Jepang tanpa perlu mengajukan aplikasi untuk visa lagi.

Masa tinggal tiap kali masuk ke Jepang adalah 15 hari dan bebas visa berlaku selama 3 tahun. Untuk info lebih lanjut mengenai pembuatan bebas visa ke Jepang ini, kamu bisa kunjungi situs web resmi Kedutaan Besar Jepang di sini.
http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html

Meskipun sekilas tampak sama, namun terdapat 3 perbedaan antara e-paspor dengan paspor biasa yang non elektronik, antara lain:

  1. Adanya chip di bagian depan e-paspor, yang berfungsi untuk menyimpan data biometri pemilik paspor.
  2. Dilihat dari segi harga pembuatannya, e-paspor lebih mahal dibandingkan paspor biasa non elektronik. Biaya pembuatan e-paspor adalah Rp 600.000,00 untuk paspor setebal 48 halaman. Sementara biaya pembuatan/perpanjangan paspor biasa non elektronik adalah Rp 100.000 untuk paspor 24 halaman atau Rp 300.000,00 untuk paspor 48 halaman. Biaya tersebut belum termasuk biaya jasa penggunaan teknologi sistem informasi keimigrasian sebesar Rp55.000,00.
  3. Paspor biasa non elektronik dapat diurus di semua kantor imigrasi Indonesia, namun untuk e-paspor hanya dapat diurus di beberapa kantor imigrasi tertentu saja, antara lain:
    – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan
    – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat
    – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta
    – Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat
    – Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara
    – Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok
    – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya
    – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam

ICAO mewajibkan agar semua negara di dunia, termasuk Indonesia, memberlakukan penggunaan e-paspor mulai tahun 2015. Apabila Anda belum memiliki paspor atau paspor lama akan segera habis masa berlakunya, maka sebaiknya segera buat e-paspor. Jika saat ini Anda memiliki paspor biasa non elektronik dan ingin menggantinya dengan e-paspor, maka syaratnya sama dengan melakukan perpanjangan paspor biasa. Perbedaannya hanya pada biayanya saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here