Ryokan / Penginapan tradisional Jepang

0
357

Jika anda ingin melakukan perjalanan wisata ke JepangJika anda ingin melakukan perjalanan wisata ke Jepang maka ada beberapa pilihan untuk penginapan selain menggunakan hotel ada juga yang disebut ryokan atau penginapan dengan gaya tradisional jepang

Ryokan adalah penginapan gaya Jepang bisa ditemukan di seluruh negeri, terutama di tempat resor air panas. Ryokan lebih dari sekedar tempat untuk tidur, dengan menempati ryokan kita mendapat kesempatan untuk mengalami gaya hidup tradisional Jepang dan perhotelan, tempat ini menggabungkan elemen-elemen seperti lantai tatami, tempat tidur futon, mandi gaya Jepang dan masakan lokal, membuat tempat ini sangat populer bagi turis asing ataupun turis Jepang.

Ada banyak jenis ryokan, baik dalam hal ukuran, biaya dan gaya. Beberapa keluarga menjalankan usaha ryokan kecil dengan hanya beberapa kamar, sementara itu ada juga yang berukuran besar, dengan fasilitas seperti hotel dengan ratusan kamar. Ryokan umumnya dibuat tanpa embel-embel.

Sementara itu ada juga yang memberikan dengan harga luar biasa, biaya rata-rata untuk tinggal di ryokan ini adalah antara 15.000 dan 25.000 yen per orang, per malam. Meskipun hal ini mungkin terlalu mahal untuk tinggal sehari-hari, tetapi nilai itu setara dengan hal yang kita terima untuk memanjakan selama liburan  anda di Jepang. Juga perlu diingat bahwa umumnya sewaktu menyewa ryokan sudah  termasuk makan malam, dan sarapan pagi. Makanan biasanya berupa kaiseki ryori (haute masakan Jepang) yang menampilkan makanan khas lokal.

Karena lebih menekankan pada gaya tradisional dan suasana, sehingga ryokan mungkin terasa kaku dan biasanya timbul persaan menakutkan  pada kunjungan pertama, serta prosedur dan etiket yang kaku. Pada kenyataannya hal tersebut adalah pengalaman luar biasa bagi  setiap pengunjung dan harus mengambil kesempatan tersebut untuk mencoba tinggal di ryokan. Pada kenyataannya tinggal di ryokan dapat membantu untuk menenagkan pikiran Anda, hal-hal berikut memberikan penjelasan tentang apa yang diharapkan selama kunjungan ryokan.

 

Ketika tiba di ryokan

Check-in biasanya dilakukan mungkin dari pukul 15:00, dengan jadwal makan malam adalah  sekitar pukul 18.00 atau 19:00. Kami merekomendasikan kepada anda untuk datang atau chek-in setidaknya satu jam sebelum makan malam, hal ini akan memberi anda  waktu untuk “acara penyambutan” dan berkeliling sekitar ryokan, dan Anda juga memiliki kesempatan untuk istirahat dan mandi sebelum makan malam. Beberapa ryokan dapat menerima tamu hingga waktu akhir, baik dengan menunda atau membatalkan makan malam, tetapi mereka harus diberitahu sebelumnya.

 

The genkan

penekanan besar diletakkan pada saat kedatangan tamu ke dalam ryokan. Staf ryokan ditugaskan  untuk memastikan bahwa tamu merasa disambut dengan hangat, serta diperlakukan dengan baik  serta rasa nyaman saat mereka melangkah ke ruangan. Karena kesan pertama tamu untuk ryokan terjadi setelah kedatangan ke ruang penginapan  atau genkan, khusus untuk hal ini mereka sangat memperhatikan.

 

genkan adalah pintu masuk ke rumah Jepang, dan biasanya mempunyai lantai dari terbuat dari batu atau ubin  terletak  satu atau dua langkah di bawah lantai utama. batas fisik ini menandai pemisahan antara ruang luar dan dalam, dan juga berfungsi sebagai ruang untuk menyimpan alas kaki  karena mereka tidak pernah menggunakan alas kaki di dalam rumah Jepang atau ryokan.

 

Dalam peristiwa tertentu sebelum anda disambut, mereka berdiri di tingkat (tingkat dasar) terendah dari genkan dan menyapa dengan  salam, seperti “halo”, atau dalam bahasa Jepang “gomen kudasai”. Setelah para tamu didalam, para tamu harus melepas sepatu mereka, melangkah ke tingkat rumah, dan menggunakan  sandal yang disediakan. sepatu Anda dapat dibiarkan di genkan dan akan diurus oleh staf.

 

pintu lobi

Mendaftar

Check in biasanya menggunakan salah satu dari tiga cara dibawah ini:

  1. Para tamu dibimbing langsung ke kamar mereka untuk check-in
  2. Para tamu diminta untuk menuju area lobby lounge untuk check-in
  3. Para tamu langsung check-in di meja resepsionis di lobi, seperti di hotel

Dengan semua keadaan di atas, para tamu menyerahkan formulir di mana mereka diminta untuk mengisi nama, alamat dan nomor telepon. Bagi wisatawan asing (kecuali penduduk Jepang) akan diminta untuk menunjukkan paspor mereka untuk difotokopi seperti yang dipersyaratkan oleh hokum di Jepang.

Biasanya, formulir akan diantarkan bersama secangkir teh dan makanan kecil. Hal ini biasanya terjadi ketika anda melukan check in terjadi di kamar atau lobby lounge. Jika teh dan makanan ringan tidak ditawarkan, kemungkinan sudah ditata di kamar anda. Selain untuk menyambut tamu ke ryokan, teh dan makanan ringan juga digunakan untuk bersantai di kamar mandi.

Selama check-in petugas akan memberikan anda serangkaian penjelasan berkaitan dengan fasilitas ryokan. Dalam perjalanan ke kamar Anda, akan dijelaskan tempat pemandian umum dan waktu buka, lokasi dan waktu makan, dan dimana pesanan minuman penyambutan Anda dapat diambil. Setelah di kamar Anda, Anda akan ditunjukkan di mana tempat yukata, AC dan alat kontrol pemanas dan fasilitas lainnya.

Dalam banyak ryokan Anda akan dibantu oleh satu orang untuk seluruh keperluan tinggal Anda. petugas Anda menjadi orang yang akan memeriksa Anda, melayani makanan Anda, menyiapkan kamar Anda dan mengucapkan selamat sewaktu Anda pergi. Sementara itu untuk layanan pribadi seperti cenderung menjadi aturan di lebih kecil dan lebih baik ryokan, banyak tempat-tempat lain akan mendistribusikan berbagai tugas di antara anggota staf yang berbeda.

 

Tipping

Tidak  tipping untuk sebuah ryokan, dan masuk sebagai biaya layanan dalam tarif kamar. Namun Anda masih dapat meninggalkan tip jika Anda ingin, terutama pada ryokan dengan palayanan yang lebih baik di mana Anda selalu dilayani oleh satu orang untuk seluruh kunjungan Anda. Dalam hal ini tipping biasanya terjadi pada akhir check-in, dan diberikan kepada petugas Anda. Bukan sebagai ucapan terima kasih untuk pelayanan yang baik, tip adalah permintaan petugas yang melayani anda selama anda tinggal.

Jumlah sekitar 1000 yen per tamu sesuai, dan pastikan untuk memasukkan dalam amplop sebelum menyerahkan kepada petugas Anda. Sebuah alternatif untuk tip adalah memberi hadiah kecil yang bisa dibagi rata kepada seluruh staf. Pilihan ini merupakan pilihan terbaik untuk ryokan kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here